Merubah zona waktu pada PHP

Kerap kali rasanya kita merasa kesulitan bahwa waktu yang terdapat pada PHP tidak sama dengan waktu yang sebenarnya. Apa lagi waktu yang ingin kita simpan di database sangat penting sekali terhadap perubahan yang dilakukan pada program / aplikasi yang kita jalankan. Awalnya dulu saya juga merasa kesulitan bahkan saya mengira adanya crash / bug pada program php yang saya install. Tapi ini memang hal yang wajar, karena tidak semua PHP yang kita install tidak sesuai zona waktunya.
Berikut merupakan script yang dapat mengetahui zona waktu yang kita gunakan.

<?php
echo date_default_timezone_get();
// Hasil pada Komputer saya = Asia/Krasnoyarsk
?>

Dari hasil di atas memang benar lokasi saya di Asia, tapi bukan di negara/kota Krasnoyarsk. Untuk itu kita perlu merubah zona waktunya. Tapi sebelum itu php.net telah memberikan beberapa list yang dapat kita gunakan untuk merubah zona waktu. Karena cukup banyak list yang didukung oleh php.net maka bisa di download disini.

Karena saya tinggal di indonesia, maka ada beberapa zona waktu yang dapat kita gunakan (tergantung dengan lokasi terdekat anda).

Asia/Jakarta
Asia/Ujung_Pandang
Asia/Pontianak
Asia/Makassar
Asia/Jayapura

Berikut merupakan script untuk merubah zona waktu yang sesuai dengan lokasi saya saat ini.

<?php
date_default_timezone_set('Asia/Jakarta');
?>

Dengan begitu maka zona waktu kita sekarang telah diubah menjadi waktu Asia/Jakarta. Disarankan umumnya meletakkan script ini dibaris paling awal dari dari file php atau dapat pula disisipkan pada fungsi __construct() bila menggunakan class.

Leave a Reply

